Komponen Dasar Elektronika (Resistor, kapasitor,dan Induktor)
5 Agt, 2020 Berita

Komponen Dasar Elektronika (Resistor, kapasitor,dan Induktor)

Elektro

Halo, kali ini kita akan membahas tentang komponen dasar Elektro yang diantaranya adalah resistor, kapasitor dan induktor. Mungkin beberapa dari kita ada yang belum mengenal ke tiganya . Karena ini adalah komponen dasar yang sangat penting untuk kita ketahui, maka mari kita simak bersama.

  1. Resistor
    Resistor adalah salah komponen dasar elektronika yang digunakan untuk membatasi jumlah arus yang mengalir dalam sebuah rangkaian. Sesuai mana nya resistor bersifat resistif dan umum nya terbuat dari bahan karbon. Dari hukum ohm diketahui, resistansi berbanding terbalik dengan jumlah arus yang mengalir melaluinya. Satuan resistansi dari suatu resistor disebut ohm atau dilambangkan dengan simbol omega.

  2. Kapasitor
    Kapasitor adalah komponen dasar elektronika yang mempunyai kemampuan menyimpan elektron-elektron selama waktu yang tidak tentu. Kapasitor memiliki karakteristik meneruskan tegangan AC yang melaluinya dan menolak/menahan tegangan DC. Kapasitor sering berfungsi untuk menekan bahkan menghilangkan nois dan membantu membuat tegangan suplai menjadi semakin stabil. BesarnyaBesarnya kapasitas si dari sebuah kapasitor dinyatakan dalam farad yang dimana struktur sebuah kapasitor terbuat dari 2 buah plat metal yang dipisahkan oleh suatu bahan dielektrik.

  3. Induktor
    Induktor adalah komponen dasar elektronika yang digunakan sebagai beban induktif bentuknya rangkaian gulungan kawat dengan menggunakan inti logam maupun Ferit. Biasanya digunakan sebagai filter. Nilai induktansi sebuah induktor dinyatakan dalam satuan Henry. 1Henry= 1000mH. Sifat-sifat elektrik dari sebuah induktor ditentukan oleh panjangnya induktor, diameter induktor, jumlah lilitan, dan bahan yang mengelilingi nya. Induktor dapat dipakai sebagai penampung energy listrik.

Nah, gimana? Sekarang kalian sudah paham kan? Dari ketiga komponen tersebut itulah komponen dasar yang biasa di gunakan dalam dasar elektronika. Semoga kalian dapat memahami nya dengan baik. Tunggu informasi menarik lain nya yah Electricians. Sekian dan terimakasih.

Memuat Komentar...