Teknik Elektro Di Untirta
28 Mei, 2020 Artikel

Apa itu Teknik elektro?

Teknik Elektro adalah bidang teknik yang umumnya berhubungan dengan studi dan penerapan listrik, elektronika, dan elektromagnetisme. Bidang ini pertama kali dikenali pada paruh akhir abad ke-19 setelah komersialisasi distribusi telegraf, telepon, dan distribusi tenaga listrik. Selanjutnya, media penyiaran dan perekaman membuat bagian elektronik dalam kehidupan sehari-hari. Penemuan transistor, dan kemudian sirkuit terpadu (IC), menurunkan biaya elektronik sampai pada titik yang dapat digunakan di hampir semua peralatan rumah tangga.

Bidang apa aja yang dipelajari di Teknik elektro?

Teknik elektro sekarang terbagi menjadi berbagai subbidang yaitu elektronika, komputer digital, teknik tenaga, telekomunikasi, sistem kontrol, teknik frekuensi radio, pemrosesan sinyal, instrumentasi, dan mikroelektronika. Banyak dari subdisiplin ini saling tumpang tindih dan juga saling tumpang tindih dengan cabang teknik lainnya, yang mencakup sejumlah besar spesialisasi seperti teknik perangkat keras, elektronika daya, elektromagnetik & gelombang, teknik gelombang mikro, nanoteknologi, elektrokimia, energi terbarukan, mekatronik, ilmu bahan listrik, dan masih banyak lagi.

Profesi apa aja Ketika lulus di Teknik elektro?

Sesuai dengan bidangnya, profesi yang akan di raih oleh lulusan Teknik elektro sangat begitu beragam, salah satunya bidang yang paling populer di Teknik Elektro ialah tenaga listrik (arus kuat). Tak heran banyak lulusan Teknik Elektro yang membidik industri energi dan tenaga listrik sebagai tujuan utama. Meski demikian, prospek kerjanya terbilang sangat luas. Hampir seluruh industri membutuhkan Sarjana Teknik Elektro, mulai dari industri telekomunikasi, minyak dan gas, semikonduktor, aerospace, manufaktur, otomotif, transportasi, jasa dan pelayanan, juga bio engineering. Lulusan Teknik Elektro yang bekerja di industri telekomunikasi misalnya, memegang peran penting dalam melakukan kodefikasi informasi menjadi sinyal listrik. Selain itu, instansi pemerintah seperti Kementerian ESDM juga membutuhkan lulusan Teknik Elektro, lho.

What’s on Teknik Elektro Untirta?

Jurusan Teknik Elektro merupakan salah satu dari 6 jurusan Strata 1 yang berada di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Tak lepas dari awal cikal bakal Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Elektro berdiri sejak Universitas Sultan Ageng Tirtayasa diawali dengan nama Sekolah Tinggi Teknologi (STT) oleh PT. Krakatau Steel pada tahun 1982, dan kemudian menggabungkan diri ke dalam Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (yang sebelumnya bernama Universitas Tirtayasa Banten).

Dengan mengedepankan Visi “Menjadi Program Studi yang Unggul dalam Bidang Energi Listrik, Instrumentasi dan Kendali, Telekomunikasi dan Komputer”, Jurusan Teknik Elektro yang berada di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa memiliki Dosen atau Tenaga Kerja yang handal di bidang keahliannya masing-masing.

Jurusan Teknik Elektro di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa memiliki 3 program keahlian, yaitu Keahlian Sistem Tenaga Listrik (KST), Keahlian Instrumentasi dan Kendali (KIK), dan Keahlian Telekomunikasi dan Komputer (KTK) dan telah terakreditasi B oleh BAN PT DIKTI pada tahun 2016 berdasarkan SK BAN PT No. 1826/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2016 tertanggal 2 September 2016.
Sarana dan Prasarana yang dimiliki Jurusan Teknik Elektro Untirta tak lepas untuk menunjang kebutuhan para mahasiswa selama melakukan kegiatan pembelajaran di kampus. Adapun Sarana dan Prasarana yang dimiliki Jurusan Teknik Elektro yaitu Ruang Manajemen dan Dosen, Ruang Kuliah, Laboratorium Praktikum (Lab. Sistem Tenaga Listrik dan Lab. Kendali dan Telemetri, Lab. Telekomunikasi, dan Lab. Instrumentasi, dan Lab Komputer) dan Laboratorium Riset.
et.

Memuat Komentar...