Memahami Sensor Berat "Load Cell"
7 Jun, 2018 Artikel

Tahukah kamu Sensor Load Cell merupakan sensor yang dirancang untuk mendeteksi tekanan atau berat sebuah beban. Sensor load cell umumnya digunakan sebagai komponen utama pada sistem timbangan digital. Contoh lainnya diaplikasikan pada jembatan timbangan yang berfungsi untuk menimbang berat dari truk pengangkut bahan baku. Pengukuran yang dilakukan oleh load cell menggunakan prinsip tekanan.

Bentuk Fisik Load Cell

Kabel merah pada gambar adalah input tegangan sensor. Kabel hitam adalah input ground sensor. Kabel hijau adalah output positif sensor. Kabel putih adalah output ground sensor.

Sensor load cell memiliki spesifikasi kerja sebagai berikut:

  1. Kapasitas 2 Kg
  2. Bekerja pada tegangan rendah 5-10 VDC atau 5-10 VAC
  3. Ukuran sensor kecil dan praktis
  4. Input atau output resistansi rendah
  5. Nonlinearitas 0.05%
  6. Range temperatur kerja -10oC sampai +50oC

Prinsip Kerja

Selama proses penimbangan akan mengakibatkan reaksi terhadap elemen logam pada load cell yang mengakibatkan gaya secara elastis. Gaya yang ditimbulkan oleh regangan ini dikonversi ke dalam sinyal elektrik oleh strain gauge (pengukur regangan) yang terpasang pada load cell.
Prinsip kerja load cell berdasarkan rangkaian Jembatan Wheatstone:

Jembatan Wheatstone

Lalu apa yang disebut strain gauge dan apa fungsinya?

Strain gauge adalah sebuah konduktor yang diatur sedemikian rupa dengan pola zig-zag dan terdapat di permukaan membrane. Ketika terjadi peregangan membrane, otomatis resistansinya mengingkat. Strain gauge berfungsi sebagai sensor untuk mengukur berat benda atau barang dalam ukuran besar. Umumnya sensor strain gauge ini terdapat pada jembatan timbang atau timbangan truk (truck scale).

Secara fisik strain gauge berupa grid metal foil cukup tipis yang melekat pada permukaan Load Cell. Akibat adanya beban di load cell maka terjadi strain lalu ditransmisikan ke foil grid. Tahanan dari foil grid ini mengalami perubahan dengan nilai sebanding strain induksi beban.

Umumnya strain gauge memiliki sensor tipe metal foil dimana proses photoeching kemudian membentuk konfigurasi grid. Prosiesnya sendiri sangat sederhana sehingga bisa dibuat beragam ukuran gauge maupun bentuk grid. Gauge memiliki ukuran terpendek 0.20 mm dan 102 mm untuk ukuran terpanjang. Untuk tahanan standar 350 ohm namun ada juga gauge dengan tahanan 500 ohm - 10.000 ohm untuk kepentingan khusus.

Memuat Komentar...